Produk Kreatif dan Inovatif Dipamerkan Dalam Expo Produk P5 SMKN 1 Kota Bima

Berita, Nasional, Otomatif984 Dilihat

SMKN 1 Kota Bima menggelar Expo Produk P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) hari Kamis 22 Desember 2022 yang dipusatkan di lapangan sekolah setempat yang dihadiri oleh berbagai elemen stakeholder pendidikan seperti perwakilan KCD Dikbud Bima dan Kota Bima, Pimpinan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), komite sekolah, orang tua/wali, kepala sekolah dari sekolah lain, guru-guru, Dharma Wanita Persatuan, perwakilan OSIS SMA/SMA se Kota Bima serta seluruh siswa. Kepala PT. POS Indonesia Cabang Bima Ibu Tri Rahayu Nigtia juga ikut hadir bersama tim menyaksikan dan membeli produk hasil karya peserta didik pada kegiatan Expo ini.

 

Kegiatan Expo berjalan dengan sangat meriah  karena didukung oleh berbagai sponsor, produk Teaching Factory (TeFA) sekolah dari berbagai kompetensi keahlian, pamer produk wirausaha hasil pembelejaran serta berbagai atraksi dan pentas seni hasil pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SMKN 1 Kota Bima, diantarnya berbagai tarian daerah dan modern, puisi, nyanyi solo, atraksi Pramuka, peragaan busana serta lomba memasak bapak-bapak dalam rangka hari Ibu oleh Dharma Wanita SMKN 1 Kota Bima.

 

Kepala SMKN 1 Kota Bima Ratnah, S.Pi, M.Pd pada saat memberikan sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Expo Produk P5 ini sebagai wujud hasil pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sesuai amanat kurikulum merdeka  dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dan Rekayasa dan Teknologi selain tema Keberkerjaan yang menjadi tema wajib untuk SMK. Expo ini sangat perlu untuk menunjukkan kepada stakeholders pendidikan sekolah terutama orang tua/wali peserta didik serta pemangku kepentingan lainnya terkait pendidikan disekolah.

 

“Terdapat tujuh kompetensi keahlian dikelas X yang terlibat dalam Expo Produk P5 ini, yakni Akuntansi Keuangan Lembaga, Manajemen Perkantoran, Manajemen Logistik, Perbankan Syariah, Bisnis Digital, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Rekayasa Perangkat Lunak.

Peserta didik kelas X SMKN 1 Kota Bima telah mampu menghasilkan berbagai produk hasil proyek yang luar biasa kreatif dan inovatif, diantaranya biogas dari bahan kotoran hewan yang diinovasikan dengan ragi, pupuk organik cair dari buah busuk, kolase dari aneka biji-bijian, kerajinan dari bahan-bahan bekas, kreasi dari limbah komputer, telur asin dengan berbagai rasa dan berbagai produk hasil proyek lainnya sesuai tema P5 yang dipilih oleh sekolah” ungkapnya.

 

Dukungan hebat seluruh komponen sekolah terutama guru fasilitator, koordinator P5 dan peserta didik merupakan kunci keberhasilan proyek ini. Pada pelaksanaan proyek, peserta didik diberikan kemerdekaan mengeluarkan berbagai ide, kreativitas dan inovasi untuk menentukan sendiri proyek yang dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama kelompoknya. Fasilitator hanya berperan sebagai fasilitator selebihnya kreasi dan ide dari peserta didik yang ditonjolkan dalam proyek P5.

“Kekuatan Ide, kreativitas, nalar kritis dan kolaborasi dalam semangat gotong royong peserta didik SMK Negeri 1 Kota Bima sangat luar biasa dibawah bimbingan guru fasilitator selama melaksanakan proyek. Kondisi yang tumbuh inilah yang diharapkan melalui kurikulum merdeka.

Expo Produk ini hanyalah hasil akhir dari proses hebat selama pelaksanan proyek P5. Produk yang ditampilkan ini merupakan wujud akhir tumbuhnya nilai dimensi profil pelajar pancasila yang tumbuh pada diri pelajar SMKN 1 Kota Bima makanya kami sengaja mengundang orang tua/wali peserta didik untuk melihat hasil karya putra-putri mereka” tuturnya semangat.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Adi Hidayat Argubi yang merupakan Wakasek Kurikulum menambahkan, kegiatan Expo ini tidak akan berjalan dengan meriah tanpa dukungan hebat berbagai pihak, seperti Bapak/Ibu guru, pegawai, seluruh peserta didik serta sponsor yang telah mendukung pelaksanaan Expo.

Kegiatan Expo yang juga  dimeriahkan dengan berbagai produk Teaching Factory (TeFA) sekolah, pamer produk wirausaha serta berbagai atraksi dan pentas seni hasil pembinaan kegiatan ekstrakurikuler dan juga lomba memasak bapak-bapak dalam rangka hari Ibu oleh Dharma Wanita SMKN 1 Kota Bima dapat berjalan dengan baik dengan dukungan semua stakeholders sekolah.

“Berbagai atraksi dan pentas seni yang ditampilkan oleh peserta didik dalam Expo Produk P5 ini adalah hasil pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Kota Bima. Pamer produk wirausaha siswa kelas XI dan XII juga turut memeriahkan kegiatan Expo juga sebagai bentuk menanamkan jiwa dan semangat berwirausaha.

Kegiatan ini tidak akan berjalan dengan meriah tampa dukungan berbagai Bapak/Ibu guru, pegawai, seluruh peserta didik serta sponsor, seperti Universitas Mbojo Bima, PT. POS Indonesia Cabang Bima, PT. Nutrifood Indonesia, Bank NTB Syariah, Good Day, Telkomsel, dan Duta Cell Bima.

Atas nama sekolah kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini”. tutupnya.

 

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0