Anies Baswedan Gubenur DKI Jakarta, Diperiksa KPK Selama 11 Jam

Berita, Nasional, Politik839 Dilihat

Bin News.,, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta penuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Anies yang akan mengakhiri masa jabatannya pada Oktober 2022 ini diperiksa KPK kurang lebih 11 jam. Ketika datang ke markas anti rasuah ini datang membawa map biru. Tidak diketahui apa isi map biru tersebut.

KPK memeriksa Anies Baswedan untuk dimintai keterangan tentang kasus korupsi penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E yang sejak direncanakan sudah penuh dengan opini pro dan kontra. Kontroversi terkait balapan ini bukan hanya soal biaya dan anggaran yang akan digunakan, juga karena dibabatnya pohon-pohon di Monumen Nasional yang sudah tumbuh puluhan tahun di situs bersejarah tersebut.

Monumen Nasional atau Monas yang merupakan icon Jakarta, yang dibangun di era Presiden Sukarno ini rencananya digunakan Anies sebagai arena lintas balapan Formula E agar mendapat dampak iconic dari Monas. Namun sangat disayangkan ada lapisan di atas aspal yang bernilai sejarah ini juga dikletek.

internasional ini juga mengejutkan karena dibayarkan ketika Indonesia sedang diserang virus Covid-19. Fee yang dibayarkan kepada merek (penyelenggara) Formula E ini dinilai sangat besar.

Biaya awal atau fee untuk penyelenggaraan balapan internasional ini juga mengejutkan karena dibayarkan ketika Indonesia sedang diserang virus Covid-19. Fee yang dibayarkan kepada merek (penyelenggara) Formula E ini dinilai sangat besar.

Banyak pihak meminta kepada Anies agar balapan mobil elektrik ini tidak dilanjutkan. Namun Anies tetap melanjutkannya dan membangun sirkuit baru di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Pro kontra pun dimulai lagi, termasuk soal infrastruktur balapan yang dibangun dalam waktu singkat tersebut, juga soal anggaran dan sponsor.

Akhirnya Anies Baswedan diperiksa oleh KPK selama 11 jam, yang juga diwarnai dengan kedatangan para pendukung Anies. Pemeriksaan ini sangat lama, yang sering terjadi untuk kasus besar seperti ini.

Berbagai pendapat memang muncul terkait pemeriksaan terhadap Anies Baswedan oleh para penyelidik KPK tersebut. Ada pula reaksi warga sebagaimana bisa disaksikan pada tayangan berikut ini.

 

 

Penulis Budi S

Editor AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0