SEJARAH BIMA SANG GURU DOU MBOJO YANG PERTAMA KALI MENOLAK MENJADI IMAM MASJID WASHINGTON DC (USA)

Berita, Nasional, Politik778 Dilihat

Bin news.,, Sejarah Arus di kenang dan di Jaga Pelestarian adat dan Buaya Khas Daera.

KH. Abubakar Husein, sudah terpilih menjadi imam masjid di Washington DC, oleh pemerintahan USA (Amerika) namun ditolak mentah mentah oleh guru (panggilan akrab) karena sesuatu hal.

Sosok ulama asal Bima ini sudah menjadi sahabat dan guru bagi seluruh masyarakat Bima hingga Indonesia.

Sahabat beliau seperti Buya Hamka yang setiap Membuat novel yang berbahasa Arab, Buya Hamka Selalu Mengirim Buku Novel kepada KH. Abubakar Husein untuk di terjemahkan menjadi bahasa indonesia serta bahasa Bima.

Pernah seorang bertanya “kenapa harus dikirim ke Bima” Hamka menjawab untuk terjemahkan bahasa Arab ke bahasa indonesia, karena bahasa Arab beliau sangat baik, kata Buya Hamka.

Bukan hanya Buya Hamka , beliau juga berteman baik dengan Muhammad Natsir yg juga sering di minta bantu untuk menerjemahkan kitab-kitab.

Sejak era kesultanan ketika guru muda diangkat menjadi khatib karoto istana yg bertugas untuk mengisi ceramah di berbagai majelis.

Masyarakat Bima mengenal guru sebagai sosok yg humoris dan bijak, Sekitar tahun 1960-an adanya perpecahan dan pemberontakan dari Kahar Muzakkar di Sulawesi.

Hingga akhir Semua politisi Islam di tangkap di Bima termasuk guru karena di duga ada terlibat.

Namun itu semua tidak terbukti, rekayasa dari rival politiknya yg sangat kuatir akan ketenaran para politisi Islam yg semakin berjaya.

#TokohBima #SejarahBima

 

 

Penulis  Sejarah Bima

Editor AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0