KPK Menangkap Pimpinan Partai Oposisi

Berita, Nasional923 Dilihat

Bin News..,, Kabar terbaru terkait KPK Zambia (ACC) menangkap pimpinan partai oposisi atas dugaan kasus korupsi senilai lebih dari 500.000 Dolar AS. Nominal tersebut berbentuk uang tunai dan properti.

Dikabarkan bahwa Lubinda ditangkap atas sebuah rumah senilai 260.000 dolar AS dan uang di rekening bank. Total nominal atas dugaan korupsi mencapai 539.000 dolar AS yang tersebut diperoleh antara 2018 dan 2019.

Sebelumnya, dia enggan memberikan komentar atas penangkapannya. Meski demikian, dia berjanji akan berbicara pada media, Selasa (22/3/2022).

“Barang-barang di atas diduga merupakan hasil kejahatan,” kata pernyataan ACC. Dia menambahkan, Lubinda telah dilepaskan dan akan segera diadili.

Presiden Hakainde Hichilema yang tepilih pada Agustus tahun lalu, bersumpah untuk meningkatkan perang melawan korupsi dan memulihkan aset negara yang diduga dicuri saat pemerintahan sebelumnya. Korupsi yang parah membuat Zambia mengalami krisis utang miliaran dolar yang memaksanya untuk mencari bantuan dari IMF.

Beberapa mantan pejabat tinggi partai yang berkuasa, termasuk mantan menteri luar negeri, Joseph Malanji yang ditangkap pada bulan Desember lalu, juga telah didakwa dengan pelanggaran terkait korupsi. PF menuduh partai yang berkuasa melakukan penganiayaan.

 

 

 

 

 

Penulis Sofi Manurung

Editor  AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0