Akun FB Andre Vincant Wenas, Himbawan Untuk Para Kader Parpol, Mensubsikan dan Menjual minyak Goreng Sebanyak Banyaknya

Berita, Nasional, Politik4755 Dilihat

Bin News.,  dalam rangkaian kali ini seorang kader Partai PSI Bernama ANDRE VINCANT WENAS Membuat Status di akun FB nya.

Terus terang kita terharu sewaktu mendengar “pengorbanan” teman-teman Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia Kabupaten Bekasi di bawah komando Muhammad Syahril yang rela menyubsidi minyak goreng untuk warga.

Apakah ini salah? Sama sekali tidak!

Tapi ada yang bilang, ini khan migor lagi langka, kok PSI bisa dapat migor banyak?

Khan udah dibilang, yang langka itu migor dengan harga murah. Kalo kamu lihat di laman online-shop, banyak kok yang jualan migor. Cuma ya harganya… ya gitu deh!

Lalu, PSI khan partai politik, apakah kegiatan ini semata untuk kepentingan mendulang suara kelak?

Ya boleh saja, gak salah juga kok. Memangnya kenapa? Kalau masyarakat jadi simpati (dan ternyata yang ikut bazaar PSI di Bekasi itu kabarnya banyak yang simpati lho!) lalu kelak kemudian hari mau mencoblos PSI, ya tentu saja syukur alhamdulillah. Nggak dosa juga.

Partai politik ya mesti mendulang suara dong! Masak mendulang intan?

Tapi begini, yang jelas sekarang warga masyarakat de-facto sedang kesulitan memperoleh migor dengan harga murah. Pilihannya, kita bisa diam dan menonton saja? Atau kita mau ikut terjun membantu?

Membantu dalam hal ini artinya ya berkorban duit, tenaga, pikiran dan waktu.

Jadi yang penting adalah niat baik, serta caranya pun harus baik pula. Apa itu “cara yang baik” pula?

Maksudnya “cara yang baik” itu artinya bukan menjadi bagian dari “konspirasi” para penimbun atau para mafia yang “mungkin” sedang menggoreng isu minyak goreng ini, untuk kemudian pura-pura membantu dengan cara bagi-bagi migor! Jelas?

Ya kita terharu, di tengah harga yang melonjak serta sulitnya warga untuk mendapatkan minyak goreng murah, teman-teman DPD PSI Kabupaten Bekasi, rela untuk urunan agar bisa membelikan migor dari berbagai sumber dengan harga mahal, yang lalu dijual kembali ke warga dengan harga murah.

Jual rugi dong? Iya jual rugi. Namanya juga SUBSIDI.

Ini khan untuk membantu warga yang saat ini de-facto sedang kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga murah.

Berikut penjelasan dari Bro Muhammad Syahril, sang Ketua DPD PSI Kabupaten Bekasi. Kita kutipkan dari laman medsos beliau, yang digunakannya juga untuk sekaligus memberi laporan (transparansi) pertanggungjawaban publiknya:

Ia kasih judul: “Menjawab Netizen”

“Banyak bertanya-tanya. Kok disaat minyak goreng langka, PSI Kab Bekasi bisa ngadain bazzar minyak goreng dengan harga jual 10 ribu per liter?? Padahal di alfa, indomart dan minimarket lainnya sering kosong, kenapa PSI Kabupaten Bekasi bisa ngadain bazzar dengan rata-rata ratusan liter minyak goreng per titik??

Begini, saya dan tim mendapatkan minyak goreng dari beberapa pedagang tradisional yang tersebar di Kabupaten Bekasi. Lebih dari 10 pedagang kami beli secara bergantian, dan harga yang kami bayar juga harga jual saat ini (bukan harga subsidi pemerintah). Rata-rata kami beli minyak goreng dari para pedagang dengan harga 17 ribu hingga 18 ribu perliter.

Lalu setelah kami beli, kami menjual kembali dengan harga yang kami subsidi. Kurang lebih 7 ribu sampai 8 ribu kami subsidi perliter, bahkan di salah satu kegiatan kami subsidi sampai 10 ribu perliter.

Adapun dana untuk subsidi tersebut adalah hasil urunan dari pengurus, kader dan juga simpatisan yang secara rutin mengirimkan donasi ke rekening DPD PSI Kabupaten Bekasi.

Dan puji syukur alhamdulillah sampai saat ini sudah hampir 2000 liter kami jual dengan harga subsidi.”

Begitu laporan Muhammad Syahril.

Sementara DPD PSI Bekasi terus bekerja di lapangan, kita tahu juga bahwa Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI adalah yang paling keras atau paling getol mengritisi (mendesak, menekan, atau apalah istilahnya) agar pemerintah (cq kementerian perdagangan) lebih gesit, lebih tegas, lebih keras, lebih giat, lebih cepat lagi bekerja menyelesaikan sengkarut migor ini. Jejak digitalnya bisa di-googling sendiri ya.

Akhirnya, kepada pengurus parpol selain PSI, kita juga menghimbau:

Ayo Subsidi dan Jual Migor Murah Sebanyak-banyaknya! Saat ini rakyat lagi butuh migor murah.

Dan kepada mereka yang nyinyir dengan program subsidi migor inisiatif parpol ini, tetap boleh ikut membeli migor dengan harga subsidi kok.

Tapi jangan lupa ya, 2024 gak lama lagi. Semoga kencan migor ini masih terkesan saat Anda di kotak suara nanti. Muachhh…

13/03/2022
*Andre Vincent Wenas*, Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis (LKS) PERSPEKTIF, Jakarta.

 

 

Penulis Fadlin

Editor  AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0