Pimpinan KPK Firli Bahuri Dilaporkan Oleh Alumni Akademi Jurnalistik

Berita, Nasional3210 Dilihat

Bin News,- ALUMNI Akademi Jurnalistik Lawan Korupsi 2020 KPK di bawah pimpinan Korneles Materay melaporkan Firli Bahuri ke Dewan Pengawas KPK.

Pihaknya melaporkan Ketua KPK itu terkait dengan dugaan pelanggaran kode etik dalam pembuatan himne dan mars KPK oleh istrinya.

Korneles mendatangi Dewas KPK pada hari ini, Rabu (9/3/2022) untuk membuat laporan.

Jadi hari ini saya melaporkan Ketua KPK Firli Bahuri ke Dewan Pengawas, ini adalah wujud keprihatinan bersama. Jadi terkait dengan materi apa yang dilaporkan, sebenarnya ini berangkat dari peristiwa pemberian penghargaan ketua KPK kepada istrinya, atas penciptaan dua lagu, mars dan himne KPK,” kata Korneles di Kantor Dewas KPK.

Sebelumnya, Korneles menyebut Firli memiliki konflik kepentingan dengan menunjuk istrinya sebagai pembuat himne dan mars KPK.

Padahal sebagai pimpinan lembaga hukum, Korneles menilai Firli seharusnya bertindak sesuai aturan dan prosedur yang berlaku.

Namun, sambungnya, Firli justru menunjukkan adanya konflik kepentingan serta tidak sesuai prosedur, UU administrasi pemerintahan, dan aturan KPK.

Kemudian, Korneles menuturkan pihaknya berharap Dewas menjatuhkan saksi tegas dengan meminta Filri mundur dari jabatan sebagai Ketua KPK.

Pihaknya optimis dengan sanksi tersebut karena Firli sebelumnya sudah pernah dilaporkan dan Dewas memberikan sanksi kepadanya.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) pernah melaporkan Firli terkait penggunaan helikopter.

Hal itu terjadi saat Firli dalam perjalanan menuju Sumatera Selatan kemudian saat kembali ke Jakarta pada Juni 2020.

Kemudian Dewas menjatuhkan sanksi ringan berupa teguran tertulis 2 sehingga membuat ICW merasa tidak cukup puas.

ICW mengatakan saat itu Dewas tidak menelusuri lebih jauh terkait kuitansi pembayaran oleh Firli dalam sidang etik.

Selanjutnya, ICW melaporkannya ke Bareskrim Polri namun pihak Bareskrim menolak dan memintanya kembali melapor ke Dewas KPK.

Selain itu, ICW juga tercatat pernah melaporkan Firli Bahuri ke Dewas KPK terkait kode etik operasi tangkap tangan (OTT) di Universitas Negeri Jakarta.

 

Penulis Rafikurahman

Editor  AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0