Ini Lah Daftar kopi Sachetan yang Mengandung Paracetamol dan Kimia

Bin News. BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan sejumlah merek kopi saset yang mengandung bahan kimia paracetamol dan sildenafil.

Untuk diketahui, paracetamol adalah obat analgesik non-opiat yang biasanya digunakan untuk menurunkan demam dan mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Sedangkan sildenafil adalah obat untuk mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi pada pria.

Kepala BPOM Penny K Lukito mengatakan bahwa pihaknya bersama Balai Besar POM di Bandung dan Loka POM di Kabupaten Bogor setidaknya menemukan produk berupa 15 jenis pangan olahan yang mengandung bahan kimia.

Selain itu, ada 36 jenis obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat, 31 kilogram bahan baku obat ilegal, seperti paracetamol dan sildenafil, serta 5 kilogram produk ruahan setengah jadi.

“Ada alat produksi sederhana dan tidak memenuhi cara produksi obat yang baik, kemudian ada produk jadinya sendiri,” kata Penny dalam konferensi pers virtual, Jumat (4/3/2022).

Penny bilang, mereka yang mengonsumsi temuan kopi saset tersebut umumnya ingin meningkatkan stamina, khususnya untuk kalangan pria.

Sayangnya, penggunaan bahan kimia pada bahan pangan ini memiliki sejumlah risiko kesehatan yang fatal, termasuk penyakit jantung dan hati.

“Siapapun yang mengonsumsi ini yang kemudian gangguan-gangguan lainnya bahkan bisa menyebabkan kematian, penyakit kanker juga memungkinkan tentunya,” tegas Penny.

Lantas, apa saja merek kopi saset yang mengandung paracetamol dan sildenafil?
Setidaknya ada enam merek kopi saset yang ditemukan BPOM memiliki kandungan paracetamol dan sildenafil, yakni:

Kopi Jantan,
Kopi Cleng,
Kopi Badak,
SpideR,
Urat Madu, dan
Jakarta Bandung.

Dalam operasi tersebut, pihak berwajib menetapkan dua tersangka terkait pemalsuan izin edar BPOM dan produk ilegal.

Kedua tersangka ini disangkakan Pasal 196 dan atau 197 Undang Undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dengan ancaman pidana penjara selama 15 tahun, serta Undang-Undang Pangan.

 

Penulis Budi S

Editor  AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0