WALIKOTA BIMA MENUTUP EVENT DAN MERESMIKAN BANK MINI SMKN 1 KOTA BIMA

Berita, Nasional1287 Dilihat

Event SMK Negeri 1 Kota Bima tahun 2022 dihadiri dan ditutup oleh Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE (Minggu, 20 Februari 2022). Pada saat yang bersamaan Walikota juga meresmikan Bank Mini Syariah yang bermitra dengan Bank NTB Syariah KC. Bima. Penutupan event juga dihadiri oleh Asisten 1 Setda Kota Bima, Dandim 1608 Bima, KCD Bima dan Kota Bima Dikbud NTB, Kepala Bank NTB Syariah KC. Bima, Kepala BNN Bima, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima, Kapolsek Rasanae Barat, Camat Rasanae Barat, Kepala-kepala sekolah, sponsor, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Event yang diselenggarakan terdiri dari berbagai bidang lomba seperti lomba Basket Ball, Senam Gemar Gatra dan Senam Pelajar Indonesia. Untuk lomba Basket Ball Putra/Putri diikuti oleh berbagai sekolah baik pada tingkat SMP/MTs maupun tingkat SMA/SMK/MA se Kota dan Kabupaten Bima. Sedangkan Senam Gemar Gatra diikuti oleh sekolah-sekolah pada jenjang SMA/SMK/MA dan Senam Pelajar Indonesia (SPI) diikuti oleh pelajar pada tingkat SMP/MTs se Kota Bima.

Penutupan event oleh Walikota Bima berlangsung sangat meriah dan diisi dengan berbagai atraksi sebelum penutupan seperti penampilan Juara Lomba Senam Pelajar Indonesia (SPI), yaitu tim senam SMP Negeri 1 Kota Bima dan atraksi pencak silat SMKN 1 Kota Bima. Walikota dan undangan juga berkesempatan menyaksikan pertandingan grand final lomba Basket Putra antara Tim MAN 2 Kota Bima Vs Tim SMA N 4 Kota Bima, yang dimenangkan oleh MAN 2 Kota Bima dan peringkat ke 3 diraih oleh MAN 1 Kota Bima.

Juara-juara pada kategori lomba lain, seperti lomba senam Gemar Gatra Juara 1 oleh SMAN 1 Kota Bima, Juara 2 SMAN 4 Kota Bima dan Juara 3 SMKN 1 Kota Bima. Pada Lomba Basket tingkat SMP/MTs Putra, Juara 1 diraih oleh MTsN 1 Kota Bima, Juara 2 SMPN 1 Kota Bima. Pada Kategori Putri Juara 1 diraih oleh tim basket SMPN 2 Kota Bima, Juara 2 SMPN 1 Kota Bima dan Juara 3 MTsN 2 Kota Bima. Untuk Lomba Basket Putri tingkat SMA/SMK/MA Juara 1 diraih oleh SMKN 1 Kota Bima dan Juara 2 dimenangkan oleh MAN 2 Kota Bima.

Pada sambutannya, Walikota Bima mengapresiasi event dan keberadaan Bank Mini Syariah dan mengatakan, satu harapan dari pemerintah daerah agar dapat meningkatkan vaksin tahap kedua, mengingat vaksin ditingkat pelajar masih minim. Jangan sia-siakan kesempatan dan waktu untuk melakukan vaksin, karena dengan vaksinasi kita bisa membangun herd immunity di Kota Bima sehingga kita semua dapat mencegah penyebaran Covid-19.

“Ayo para pelajar mari kita sukseskan vaksinasi secara bersama-sama, demi pencegahan virus berbahaya ini, apalagi dengan vaksin kita dapat meningkatkan dan menjaga imun,” katanya dengan mantap.

Perwakilan KCD Bima dan Kota Bima Dikbud Provinsi NTB, DR. Salahuddin, M.Pd yang sekaligus mewakili kepala SMK Negeri 1 Kota Bima memberikan apresiasi dan menyatakan luar biasa event yang dilaksanakan oleh siswa SMKN 1 Kota Bima.

“Event yang yang dilaksanakan oleh siswa SMK Negeri 1 Kota Bima yang luar biasa dan siswa mampu menyelenggarakan event sebesar ini. Event ini merupakan bagian dari proses pembelajaran praktek kompetensi keahlian UPW yang bekerjasama dengan OSIS. Hal ini menunjukkan bahwa di SMK ini tuntutan pembelajaran abad 21 yang meliputi Critical Thinking, Creative, Communication dan Collaboration. Pelaksanaan event oleh siswa ini sudah seperti event-event yang diselenggarakan oleh kampus-kampus besar” tuturnya dengan kagum.

Sementara ketua panitia Event, Sanaz dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari praktek pembelajaran bagi siswa Usaha Perjalanan Wisata (UPW) untuk Mata Pelajaran Pengelolaan MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) dan Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Melalui event ini kami menerapkan model pembelajaran Production Based Training (Production Based Education and Training). Event ini juga merupakan kolaborasi antara Pengurus OSIS sekolah dengan UPW Event Organizer serta dukungan dari berbagai sponsor.

“Pelaksanaan Event ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan dari Kepala SMKN 1 Kota Bima Ibu Ratnah, S. Pi, M. Pd, serta dukungan berbagai sponsor, seperti Bank NTB Syariah, Kampus STIE Bima, Sentral Muslim, Kampus STKIP Tamsis Bima, Good Day, Kampus STISIP Mbojo Bima, Astra Motor Bima, Localate Nutrifood, Kampus STIH Muhammadiyah Bima, Sosro, Kampus STIPAR Soromandi Bima, Dunia Cell, KPRI Ekonomi, Unit Produksi SMKN 1 Kota Bima dan berbagai pihak lainnya yang mensukseskan pelaksanaan event ini,” kata Sanaz yang merupakan siswa Kelas XII jurusan Usaha Perjalanan Wisata (UPW).

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1608 Bima Letkol. Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S. Sos yang merupakan putra asli Bima juga menyampaikan sambutan sekaligus memotivasi pelajar dan penonton yang menghadiri penutupan event, katanya saya lahir di Tente dan besar di Kota Bima (SD, SMP dan SMA). Dirinya sebelum bertugas sebagai Dandim di Bima sempat bertugas di Jawa, Nangroe Aceh Darussalam dan Sumatra Utara.

“Saya berharap khusus pada pelajar dan khususnya siswa SMKN 1 Kota Bima, mudah-mudahan ada yang mencalonkan diri sebagai calon TNI dan saya berharap semoga Dandim Bima di masa yang akan datang adalah putra daerah dari Bima”, ujarnya dengan penuh harap.

 

Penulis Hidayat

Editor  AW

0Shares
Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

google.com, pub-8902779777952560, DIRECT, f08c47fec0942fa0